5 Penyebab Not Responding Pada PC

Penyebab Not Responding Pada PC
Kejadian Not Responding pada pc memang menjengkelkan, apalagi ketika sedang dalam keadaan penting dan tiba-tiba program yang sedang sobat gunakan mengalami kejadian Not Responding ini, tentu hal tersebut sangat membuat jengkel.

Dan kali ini saya akan membahas 5 penyebab Not Responding pada pc atau komputer, silahkan disimak :)

#1 Tampilan windows yang berlebihan

Ternyata oh ternyata, tapilan windows juga bisa mempengaruhi kinerja dari windows itu sendiri. Kalau tampilan windows sobat terlalu berlebihan (banyak widget, banyak efek dll) tentu saja akan membuat kinerja windows sobat mennjadi lambat sehingga program yang berjalan terkadang mengalami Not Responding.

Sebaliknya jika sobat menggunakan tampilan windows yang sederhana, tidak banyak widget, efek dan lain sebagainya, tentusaja kinerja windows sobat akan lebih cepat dan hal ini bisa meminimalisir terjadinya Not Responsing pada program yang sedang berjalan.

#2 Terlalu banyak program yang berjalan

Hal inilah yang paling sering terjadi, kebanyakan para pengguna komputer akan langsung membuka beberapa program sekaligus sehingga komputer menjadi lambat. Usahakan untuk tidak membuka banyak program sekaligus, tapi kalau memang perlu membuka banyak program sekaligus, apa boleh buat.

#3 RAM komputer terlalu kecil

RAM pada komputer juga berprngaruh dalam kinerja komputer, semakin besar RAM yang terpasang di komputer maka komputer juga akan berjalan lebih ringan sebaliknya jika RAM pada komputer berkapasitas kecil, maka komputer juga akan berjalan dengan lambat dan inilah penyebab komputer sering not responding.

#4 Banyak program berjalan saat StarUp windows

Tanpa kita sadari tenyata saat startup windows juga akan menjalankan beberapa program, entah itu program yang memang sudah bawaan dari windows maupun program yang sobat install sendiri ke komputer. Saya sarankan sobat mematikan beberapa program yang berjalan saat startup windows karena hal ini akan membebani kerja sistem windows sehingga ketika komputer menyala, program yang sobat jalankan tidak berjalan dengan lancar & menjadi not responding.

#5 Virus & Malware

Nah, ini nih yang sering membuat program pada komputer menjadi not responding, virus dan malware ini bisa menyebar lewat file-file yang sobat download dari internet maupun file yang sobat dapat dengan cara copy paste dari flashdisk dan memory hp yang terinfeksi virus & malware. Selain itu penyebaran virus dan malware juga bisa melalui sebuah situs, jika situs yang sobat kunjungi mengandung virus / malware maka kemungkinan komputer sobat juga akan terinfeksi virus / malware tersebut.

Sebenarnya masih ada lagi penyebab komputer menjadi not responding tapi kali ini saya jelaskan 5 penyebab yang paling sering terjadi saja, selengkapnya mungkin akan saya bahas di lain hari. Jangan lupa share post ini biar teman-teamnmu juga tau 5 penyebab komputer menjadi not responding :)

Comments